4 Daftar Obat Panas Demam Anak Paling Ampuh


Panas Demam Anak

Hal yang paling dihindari orang tua saat memasuki pergantian musim adalah penyakit panas demam anak, ini akan sangat cepat sekali menular. Bahkan saat berangkat sekolah masih segar, pulang dari sekolah akan terlihat lesu karena tertular oleh temannya.

Memang sulit mengatasi penularan penyakit tersebut pada anak-anak, karena penularan melalui sentuhan langsung dan penurunan kekebalan tubuh. Demam memang hal wajar dan sering di alami anak-anak, pada usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Hal yang harus diketahui para orang tua, demam yang terjadi pada anak disebabkan oleh banyak hal, mulai dari diare, pilek, batuk , efek setelah diberikan imunisasi malaria, demam berdarah hingga terjadinya infeksi.

Beberapa demam yang berbahaya pada anak bisa merupakan tanda sinusitis, pneumonia, bahkan terjadi infeksi darah. Namun ini kembali kepada kekebalan tubuh anak, jika memang bagus maka tidak  perlu dikhawatirkan. Hanya perlu diberikan obat yang tepat untuk menurunkan demam, apalagi jika sudah mengalami demam hingga 3 hari.

Daftar Terbaru 4 Pilihan Obat Panas Demam Untuk Anak yang Paling Ampuh

Paracetamol

Ini salah satu obat penurun panas anak yang direkomendasikan dokter, bahkan penggunaan tanpa pengawasan dokter  karena merupakan obat panas demam paling aman dari jenis penurun panas lainnya. Sangat efektif menurunkan panas dan mengurangi nyeri di kepala, namun ada efek samping pada saluran pernapasan, bersifat kecil saja sehingga aman di konsumsi.

Bagi anak-anak harus diperhatikan pemberian dosis obat, jangan meningkatkan dosisnya jika panas tidak kunjung turun. Tidak disarankan juga untuk penggunaan jangka panjang, karena bisa terjadi kerusakan permanen pada bagian hati.

Aspirin

Ini obat yang banyak digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, bisa digunakan untuk menurunkan panas anak, namun tidak disarankan diberikan pertama kali. Aspirin disebut juga asetilsalisilat, selain bisa menurunkan panas secara cepat, ini merupakan antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri berlebih di bagian kepala.

Jika akan memberikan aspirin pada anak, pasti sesudah makan. Namun tidak disarankan konsumsi aspirin berlebih atau jangka panjang, karena bisa menyebabkan terjadinya sindrom Reye, ini merupakan ganggua pada hati yang bisa menyebabkan hilangnya kesadaran secara tiba-tiba.

Ibuprofen

Ini merupakan obat panas demam yang sangat baik untuk anak-anak, tidak hanya bisa menurunkan demam namun juga anti radang karena memiliki kandungan antiinflamasi. Namun ada efek samping lainnya dari konsumsi ibuprofen, apalagi jika pertama kali menggunakan obat ini. akan terasa perut terasa kembung, mula dan terjadi pendarahan pada lambung.

Ibu profen juga mempunyai efek samping mengantuk, ini sangat baik diberikan pada anak-anak agar mendapatkan istirahat yang penuh. Dokter memberikan anjuran, anak-anak boleh diberikan ibuprofen, namun jika mengalami panas tinggi hingga mencapai 40 derajat celsius. Ini merupakan obat keras, tidak disarankan digunakan jangka panjang dan harus mendapatkan pengawasan dokter anak terkait.

Naproxen

Banyak dikenal sebagai Naproxen sodium, merupakan obat yang masuk kategori antiinflamasi nonsteroi (OAINS). Tidak disarankan sebagai obat penurun panas jangka panjang karena fungsi sebenarnya untuk menurunkan hormon yang menjadi penyebab terjadinya nyeri hingga pembengkakan pada tubuh.

Dokter akan memberikan obat ini hanya pada kondisi arthritis saat terjadi nyeri hebat pada sendi, peradangan bahkan mengalami bengkak yang tidak sembuh setelah 24 jam. Ini merupakan obat keras dan tidak disarankan diberikan pada anak-anak usia di bawah 5 tahun, dokter juga membatasi pemberian Naproxen pada pasien dengan riwayat penyakit jantung.

Anda sebagai orang tua yang akan jadi penentu akhir apa obat panas demam anak, sebaiknya memang mendiskusikan hal tersebut dengan dokter anak yang mengetahui riwayat penyakit tersebut. Jika untuk penanganan pertama dan bersifat darurat, bisa menggunakan obat penurun panas yang dijual bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: