Ramuan Jamu Tradisional untuk Menggemukkan Badan Anak


Memiliki berat badan ideal menandakan memiliki tubuh yang sehat. Anak-anak yang memiliki tubuh kurus biasa dikatakan kurang nutrisi. Semua orang tua pastinya menginginkan anaknya memiliki berat badan yang ideal.

Pada zaman dahulu, jika ingin menggemukan badan anak para orang tua meminumkan jamu tradisional untuk anak. Jamu tradisional ini salah satunya adalah untuk menggemukkan badan anak. Jadi, jika mengonsumsi beberapa ramuan jamu tradisional nafsu makan menjadi bertambah sehingga berat badan pun akan naik.

Ramuan herbal ini tentunya aman dikonsumsi karena semua bahan alami. Berikut ini beberapa jamu tradisional yang sudah terkenal sejak dulu memiliki manfaat yang besar.

Beberapa Jamu Tradisional untuk Menambah Berat Badan

Temulawak

Temulawak ini merupakan tanaman yang dapat dibuat jamu. Salah satu manfaat dari jamu temulawak adalah untuk menaikkan berat badan. Cara membuatnya yaitu cukup mencampurkan 2 sendok makan air dengan temulawak yang sudah dihaluskan. Jamu ini akan merangsang nafsu makan jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Daun Pepaya

Daun pepaya ini memiliki khasiat untuk menambah berat badan. Rasanya yang pahit merupakan obat yang paling mujarab untuk menaikkan nafsu makan. Cara membuat jamu dari daun pepaya yaitu dengan mencampurkan daun pepaya dengan air dan garam. Yang digunakan untuk jamunya adalah perasan air dari ramuan itu. Rasanya sedikit pahit namun khasiatnya tidak bisa diragukan lagi.

Beras Kencur

Di Indonesia terkenal dengan ramuan jamu tradisionalnya, seperti beras kencur ini. Sebagian besar jamu tradisional dapat mencegah dari berbagai penyakit. Sehingga banyak orang yang mengonsumsi jamu untuk menjaga kesehatannya.

Beras kencur ini juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Sehingga jika ingin menaikkan berat badan, beras kencur sangat efektif dan tentunya aman dikonsumsi, meskipun dalam jangka panjang. Di dalam beras terdapat kandungan seperti mineral, kalsium, vitamin, dan serat.

Sedangkan di dalam kencur mengandung minyak atsiri, mineral, pati, dan lain-lain. Berbeda dengan ramuan yang lainnya, beras kencur ini memiliki rasa enak yang disukai anak-anak.

Brotowali

Menambah berat badan dengan brotowali. Caranya cukup dengan merebus brotowali dengan air. Biasanya brotowali dibuat menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat seperti kuali. Jamu brotowali ini sangat efektif untuk menaikkan berat badan anak. Namun, rasa dari brotowali cenderung pahit dan biasanya anak kecil tidak menyukainya.

Ramuan Kelapa dan Kunyit

Ramuan ini sudah menjadi warisan turun temurun sejak dahulu. Ramuan jamu ini khasiatnya adalah menambah nafsu makan. Anak yang memiliki badan kurus, berat badannya akan meningkat jika mengonsumsi jamu ini secara rutin setiap hari. Bahan utama yang digunakan adalah santan kelapa dan kunyit itu sendiri.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama menyiapkan santan sesuai kebutuhan, misalnya santan dari setengah butir kelapa dan siapkan kunyit 250 gr. Kunyit tersebut yang diambil hanya sarinya saja. Setelah itu bisa menyampurkan santan kelapa dan sari kunyit, lalu rebus. Setelah mendidih ramuan jamu bisa diangkat. Ramuan ini sangat efektif jika diminum menjelang waktu tidur.

Itulah beberapa ramuan tradisional yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. Ramuan jamu-jamu di atas semua memiliki khasiat untuk menaikkan berat badan.

Menggemukkan badan anak dengan jamu ini sangat baik dan aman juga tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti karena semua bahan alami. Orang tua yang ingin anaknya sehat dan memiliki berat badan ideal, maka jamu tersebut bisa dicoba kepada anak untuk meningkatkan nafsu makannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: