Penyebab Batuk Pada Anak Dan Bayi


Sebagai orang tua, ketika mendengar batuk pada anak atau bayi mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman, khawatir jangan-jangan anak mengalami sakit yang berat. Namun nayatanya, batuk yang terjadi sesekali tidak selalu menunjukkan bahwa itu merupakan penyakit dan tentu saja tidak selalu membutuhkan obat batuk untuk mengatasinya.

Kenapa Bisa Terjadi Batuk Pada Bayi

Tahukah Anda, bahwa batuk sebenarnya mekanisme pertahanan tubuh yang melindungi tubuh anak dengan cara membuang lendir, zat-zat penyebab iritasi (iritan) dan infeksi dari saluran pernapasan. Jika tidak dibatukkan (tidak ada batuk), maka partikel-partikel berbahaya tersebut bisa masuk ke saluran pernafasan yang lebih dalam sehingga dampaknya akan lebih berbahaya.

Anak-anak bisa mengalami batuk beberapa kali sehari atau batuk yang hilang timbul berlangsung hingga beberapa minggu jika ternyata yang menyebabkannya adalah infeksi virus dan ini bisa sembuh sendiri. Namun, apabila batuk berlangsung lebih dari dua sampai tiga minggu, maka bisa jadi penyebab batuk pada bayi tersebut adalah infeksi bakteri yang lebih berbahaya, dan pada kondisi ini Anda harus meminta bantuan dokter dalam menanganinya.

Berbagai Penyebab Batuk Pada Anak Dan Bayi

Mayoritas anak-anak memiliki periode batuk yang berulang namun berlangsung singkat. Penyebab dari batuk seperti ini paling sering adalah infeksi virus pada saluran pernapasan atas, seperti common cold (batuk biasa).

Inilah penyebab batuk pada anak dan bayi yang sering terjadi, ditandai dengan hidung meler, batuk kering atau batuk berdahak, serta sering disertai dengan demam. Penanganan cukup dengan pemberian cairan yang cukup, makanan yang cukup, istirahat, dan membuat anak nyaman.

Anak dan bayi bisa terkena hingga delapan macam infeksi virus pernafasan yang menimbulkan gejala berupa batuk dan pilek setiap tahunnya, masing-masing biasanya berlangsung sekitar 10 hari.tanpa diobati hanya dengan melakukan langkah sederhana di atas, batuk pada anak dan bayi yang seperti ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Sebenarnya sangat banyak penyebab batuk pada anak dan bayi, terutama penyebabnya adalah daya tahan tubuhnya. Kenapa demikian karena seperti yang kita ketahui tubuh anak masih sangat lemah dan daya tahan tubuhnyapun belum sempurna seperti orang dewasa. Jadi tidak heran kenapa anak mudah sekali terserang penyakit seperti batuk, pilek, flu, demam, dan penyakit-penyakit lainnya. Jika anda menginginkan anak yang sehat, anda cukup merawatnya dengan baik dan menjaga anak dari hal-hal yang dapat membuatnya sakit. seperti hindari dari asap rokok, polusi atau debu. Terlebih soal makannya anda harus menjaga pola makan anak agar tidak gampang sakit.

Cara Mengobati Batuk Pada Anak Dan Bayi

Cara mengobati batuk pada anak dan bayi sangat berbeda dengan cara mengobati batuk pada orang dewasa. Mengobati batuk pada anak kita tidak bisa sembarangan memberikan obat karena tubuh anak belum bisa menerima benda-benda asing dalam tubuhnya dengan baik. Yang ada penyakit anak akan menjadi semakin parah karena pemberian obat sembarangan. Kita dapat menggunakan obat tradisional yang sudah dipercaya apuh sejak jaman nenek moyang kita sampai sekarang. Sangat banyak terdapat tanaman obat di sekitar kita misalnya seperti jeruk nipis, lemon, jahe, kencur, belimbing wulu, dan masih banyak yang lainnya. Itu semua dipercaya mampu meredakan batuk pada anak, jika hal seperti ini tidak bisa juga menyembuhkan batuk anak sebaiknya anda membawanya kedokter untuk ditindak lanjuti agar tahu apakah ada penyakit lain selain batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: